Manfaat Kacang Merah Dapat Turunkan Kolesterol Dan Diabetes, Ini Cara Mengolahnya…!

Kacang merah merupakan jenis kacang yang biasa kita konsumsi mempunyai banyak manfaat khususnya menurunkan kolesterol dan penderita diabetes. Kacan merah yang tergolong sebagai makan yang tinggi serat yang biasa dijadikan sebagai adonan beberapa sajian masakan menyerupai sob, beras, salad dan topping. Namun sayangnya, mereka hanya sebatas tahu mengenai kacang merah ini dan banyak yang menghindarinya alasannya ialah memicu kenaikan berat tubuh dan mengandung gas. Tetapi terlepas dari efek yang ditimbulkan kacang merah sebagai dikatakan diatas mempunyai manfaat untuk mencegah turunnya kolesterol dan bagi penderita diabetes.

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Bisa Turunkan Kolesterol dan Diabetes Manfaat Kacang Merah Bisa Turunkan Kolesterol dan Diabetes, Ini Cara Mengolahnya...!
manfaat kacang merah bagi kesehatan

1. Kacang merah yang digolongkan sebagai masakan nabati yang mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol dan gula darah dari banyak sekali kandungan yang terdapat didalam si Kacang Merah ini. Kacang merah dari kelompok polong (legume) yang satu keluarga dengan kacang hijau, kacang tolo, kacang uci dan kacang kedelai. Kacang merah biasa kita konsumsi dalam bentuk kacang polong kering, sehingga harus benar-benar masak berupa kacang kering. Kacang merah kering ialah sumber yang hebat untuk karbohidrat kompleks, serat, vitamin B (khususnya asam folat dan vitamin B1), zat besi, protein, kalsium dan fosfor.

2. Kacang merah dicerna secara lambat yang menjadikan gula darah meningkat perlahan-lahan sehingga insulin, hormon pengatur metabolisme karbohidrat, yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan makan yang kaya akan karbohidrat. Sehingga kacang merah bermanfaat untuk menjadi masakan yang penting terutama untuk mereka yang menderita dibates dan orang yang berisiko tinggi mengidap diabetes.

3. Kacang Merah Mampu menurunkan kadar kolesterol darah sampai 10 persen pada penderita Hiperkolesterolemia. Jadi, Kacang merah sanggup menjadi masakan penting, khususnya mereka yang menderita diabetes dan yang berisiko tinggi mengidap diabetes.

Di samping mempunyai komposisi zat gigi yang bermanfaat bagi kesehatan, kacang merah, sebagaimana kacang polong lainnya, mengandung beberapa komponen nongizi yang secara tradisional masih dianggap sebagai zat anti gizi-anti bersifat menghambat peresapan beberapa zat gizi dan bersifat merupakan kesehatan contohnya asam fitat, tanin, tripsin, inhibitor, oligosakarida.

Asam fitat tergolong sebagai zat antigizi alasannya ialah mempunyai bentuk dengan ikatan kompleks zat besi atau mineral lain, contohnya seng (zinc), kalsium, dan magnesium yang mempunyai bentu tidak larut dan sulit diserap oleh tubuh. Tanin sanggup juga menghambat peresapan zat besi dan menganggu kerja enzim akhir dari terbentuknya ikatan kompleks protein-tanin. Tripsin inhibitor yang mengganggu pencernaan protein.

Sedangkan untuk oligosakarida, gula kompleks yang lebih tepatnya rafinosa dan stakhiosa yang bisa dicerna oleh usus, bertanggung jawab terhadap produksi gas usus dan menjadikan perut kembung.

Dalam mengurang gas yang terdapat pada usus dari oligosakarida kacang merah, terdapat beberapa langkah yang sanggup dilakukan. Sehabis kacang merah direndam, buanglah air rendamannya, rebusdengan air yang banyak dalam panci berpenutup selama tiga menit, lalu biakan terjadi selama dua jam. Buang air rebusan tersebut, tambahkan air gres pada suhu kamar sampai kacang merah tersebut benar-benar terendam. Sesudah dua jam, buang kembali air itu: tambahkan lebih banyak air dan biarkan terendam semalam.

Zat-zat antigizi di atas memang mempunyai efek yang merugikan bagi kesehatan. Akan tetapi, riset mutakhir menunjukkan bahwa terdapat beberapa zat yang ternyata mempunyai efek menguntungkan pula bagi kesehatan. Asam fitat, contohnya sanggup menurunkan risiko kanker usus besar dan mungkin kanker payudara. Rendahnya IG kacang merah, selain bekerjasama dengan faktor karbohidrat kompleks dan seratnya, yang juga berkaitan dengan asam fitat dan taninnya.

Sementara oligosakarida yang dianggap mempunyai efek penting serupa dengan serat larut dalam usus. Ia merupakan prebiotik yang penting yang memperbaiki tumbuhan basil pada usus besar sehingga sanggup meningkatkan kesehatannya, memperpanjang umur dan menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Peran yang dihasilkan dari oligosakarida dalam peningkatan perkembangbiakan basil bifido pada usus besar masih terus diteliti.

Demikianlah ulasan lengkap ihwal manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh kita, semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda semua.